Artritis/Rematik

Artritis adalah peradangan atau inflamasi di persendian,artritis dapat merupakan gejala dari berbagai jenis penyakit.Ada 3 jenis penyakit artritis yaitu : artritis Gout,osteoartritis dan reumatoid artritis.

1.Artritis Gout atau biasa disebut Rematik

Gout atau rematik adalahsuatu bentuk artritis (peradangan sendi yang biasanya menyerang jari jari kaki,terutama ibu jari kaki ).Bisa juga menyerang lutut,tumit ,pergelangan kaki,pergelangan tangan,jari jari tangan dan siku.Gout biasanya diturunkan dalam keluarga.
Hanya saja pada pria sering timbul tanpa gejala awal sekitar umur 45 tahun.Bila dicetuskan oleh cedera ringan seperti memakai sepatu yang tidak sesuai ukurannya,terlalu banyak makan makanan yang mengandung asam urat (seperti jeroan),alkohol,stress,infeksi dan obat obatan tertentu.
Gejalanya :
  • Nyeri Sendi secara mendadak,biasanya di waktu malam hari.Nyeri berdenyut atau sangat sakit dan bertambah nyeri bila bergerak sedikit saja.
  • Kemerahan dan bengkak pada sendi yang terkena
  • Demam ,kedinginan dan lemah mungkin menyertai serangan.
Penyebab :
  • Kadar Asam Urat dalam darah yang meningkat menyebabkan penumpukan kristal asam urat di dalam sendi.
  • Asam urat adalah sampah metabolisme zat purin,suatu senyawa kimia dalam makanan tertentu.
Pencegahannya :
  • Hindari makan segala sesuatu yang berlebihan atau terutama yang bisa mencetus serangan.Kurangi makanan yang kaya akan purin misal : daging,jeroan (seperti kikil ),babat,usus,ati,ampela,dll.

2.Artritis Reumatoid

Artritis reumatoid merupakan radang yang umumnya menyerang pada sendi sendi tangan dan kaki,yang semakin lama semakin bertambah berat sakitnya.
Gejalanya :
  • Kedua tangan terasa kaku pada pagi hari lebih dari setengah jam.
  • Tidak enak badan ,kaku dan nyeri pada sendi,bengkak semu merqh dan terasa hangat.
Penyebabnya :
Daapat berasal dari faktor genetik atau faktor resiko lingkungan tertentu yang dapat menybabkan kekacauan daya tahan tubuh atau gangguan autoimun.
Gangguan autoimun dapat menyebabkan gangguan artritis reumatoid.
Pencegahannya :
Istirahat yang cukup,pakailah kaos kaki atau sarung tangan sewaktu tidur malam hari dan kurangi aktivitas yang berat secara perlahan lahan.

3.Osteoartritis (Keropos Sendi)

Yaitu peradangan pada sendi yang disebabkan rapuhnya kapsul sendi,sehingga merusak lapisan tulang rawan yang menutup permukaan ujung ujung tulang.
Umumnya menyerang sendi sendi penopang tubuh seperti lutut pinggul,tulang belakang.Osteoartritis umumnya menyerang usia lanjut.Pada sebagian penderita tidak sampai parah.
Gejalanya :
Nyeri dan kaku pada sendi,terutama pada waktu akan berdiri dan berjalan setelah lama duduk,apabila lutut dan pinggul yag terserang.
Penyebabnya :
Degenerasi atau ausnya kartilago ( jaringan elastis) yang seharusnya melingkari ujung ujung tulang tulang pada persendian.
Pencegahaanya :
Hindari kegiatan tertentu apabila sendi sudah terasa nyeri,sebaiknya berat badan diturunkan,sebab bila kegemukan mengakibatkan beban pada sendi lutut atau tulang pinggul terlalu berat.

APPENDICITIS / Radang Usus Buntu

Appendicitis/radang usus buntu

Yaitu radang pada bagian usus yang berbentuk seperti tabung pendek yang buntu,dalam bahasa jawa disebut bujel.Panjangnya antara 7-10 cm yang tumbuh pada persambungan usus besar dan usus halus.Biasanya berisi lemak dan tidak punya fungsi khusus.Radang dapat terjadi karena tinja yang mengras atau cacing pada usus.Dan harus segera mendapatkan penanganan dari dokter untuk segera dioperasi,karena jika tidak maka dapat menyebabkan komplikasi yang serius dalam tubuh.
Gejalanya :
  • Nyeri tajam dimulai di bagian perut bagian tengah sekitar pusar dan menjalar ke daerah kanan dibawah perut.
  • Tidak nafsu makan ,demam ,mual dan muntah muntah

Anemia,Gejala dan Penyebabnya

Anemia

Anemia, adalah suatu keadaan dimana kadar hemoglobin atau sel darah merah dalam darah sangatlah rendah.
Hemoglobin Adalah senyawa dalam sel darah merah yang bertugas mengangkut zat oksigen ke dalam sel sel tubuh.

Gejalanya :
  • Kulit/bibir/lidah/kuku/kelopak mata bagian dalam pucat.
  • Mudah lelah ,lesu
  • Sesak napas terutama setelah olahraga.
  • Denyut jantung cepat (palpitasi )
Penyebab Umum :
  • Kurang Zat Besi dan atau vitamin B12 dalam diet.
  • Kehilangan darah seperti mimisan (pendarahan hidung secara spontan)
  • Menstruasi Berat,wasir berdarah,pendarahan tukak lambung.
  • Kehamilan karena dibutuhkan lebih banyak zat besi bagi pertumbuhan janin.
  • Gangguan produksi hemoglobin karena faktor keturunan misalnya Talasemia,yaitu kelainan darah (pada talasemia ringan hanya terjadi anemia ringan yang jarang menjadi keluhan penderita.Talasemia berat,ditemukan gangguan bentuk tulang dan anemia berat sehingga membutuhkan transfusi darah setiap bulan )

Kesehatan Merupakan Anugrah

Allah memberikan karunia dan anugerah kepada kita yang tidak ternilai harganya yaitu berupa kesehatan,maka adalah menjadi kewajiban kita agar senantiasa menjaganya.

Yang lebih penting justru bagaimana kita memerangi radikal bebas yang merusak tubuh dari dalam,yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami untuk mewujudkan kualitas hidup yang baik sampai usia senja.

Disini saya jelaskan macam macam penyakit beserta penyebab serta gejala gejala yang ditimbulkan.



ALERGI

Keadaan dimana seseorang menjadi sangat rentan terhadap bahan/senyawa tertentu yang belum tentu menimbulkan gangguan yang sama pada orang lain.
Dapat disebabkan oleh faktor keturunan.Reaksi alergi dapat timbul setelah beberapa kali terpapar dengan alergan ( bahan/senyawa penyebab alergi)

Gejalanya :
Tergantung pada bagian tubuh yang terserang,misalnya :
  • Mata merah,bengkak dan berair.
  • Hidung mengeluarkan banyak lendir,bersin dan lainnya.
  • Saluran nafas berlendir,nafas sesak,batuk,nafas bunyi dan asma
  • Lambung/usus halus lebih aktif sehingga terjadi gerakan peristaltik yang berlebih yang menyebabkan diare atau kolik pada perut.
  • Persendian sakit,nyeri,kemerahan,bengkak.
  • Kulit bercak merah atau timbul biduran disertai gatal.
Beberapa Jenis Alergi :
1. Alergi Rinitis ( Radang Hidung )
Alergi rinitis adalah peradangan rongga hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi.Sering terjadi pada semua umur yang disebabkan oleh faktor keturunan.Orang yang sering terserang menyebabkan bersin bersin.
Gejalanya :
  1. Bersin bersin,hidung berair,pilek dan beberapa kasus dapat menyebabkan mata merah dan berair.
  2. Hidung tersumbat sehingga susah bernafas.
Penyebabnya :
  • Rangsangan terhadap debu ,serbuk asap rokok,parfum,rambut,bulu binatang,jenis makan tertentu dan perubahan udara maupun cuaca.Reaksinya,timbul peradangan dan pengeluaran cairan yang berlebihan baik pada hidung maupun mata.
2.Alergi Kulit/radang Kulit (Eksim / Dermatitis )
Eksema/eksim adalah suatu reaksi alergi berupa gatal/ruam pada kulit,juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri.Penyakit ini tidak menular tetapi cenderung diturunkan dalam keluarga.
Gejalanya :
Kumpulan lepuhan berwarna merah diatas kulit,kemudian pecah dan mengluarkan cairan yang gatal.Bila cairan itu mengering menyebabkan kulit bersisik dan sangat gatal sekali.
Penyebabnya :
Jenis alergi ini sangat rentan yang mungkin dicetuskan oleh bahan atau senyawa mulai dari kosmetik,detergen,sabun mandi,perhiasan imitasi,kain yang kasar dan pakaian yang lembab atau yang terlalu ketat yang dapat menimbulkan gatal,atau makanan tertentu.
Pencegahannya :
Hindari kontak langsung dengan bahan/senyawa yang membuat iritasi pada kulit,jangan digaruk jika gatal dan perhatikan penyebab timbulnya reaksi alerginya.